Selasa, 21 Februari 2012

Pencak Silat Sebagai Pemersatu Bangsa


Di Indonesia terdapat banyak macam kebudayaan yang mencerminkan kebudayaan Bangsa Indonesia. Misalnya yaitu adat istiadat maupun berbagai macam kebudayaan khas dari suatu daerah. Dengan keberagaman kebudayaan di Indonesia, sering menjadikan suatu pemikiran seseorang sebagai penyebab terjadinya perpecahan antar kebudayaan. pernyataan tersebut sebenarnya adalah salah, banyak pengetahuan yang saya dapat dari guru maupun dosen saya  yaitu beliau mengungkapkan bahwa sumber dari perpecahan atau konflik bukan dari perbedaan kebudayaan melainkan dari tingkahlaku masyarakatnya. "asap tidakkan ada jika tidak ada api". Dan semboyan Indonesia yang berbunyi "Bhineka Tunggal Ika" adalah symbol dari kesatuan bangsa Indonesia. 

Banyak daerah di Indonesia yang memiliki suatu kesenian daerah maupun perguruan beladiri atau yang sering kita sebut yaitu Pencak Silat yang merupakan teknik bela diri asli dari Indonesia. Tetapi ada yang tidak suka terhadap suatu organisasi pencak silat yang ada di indonesia karena momok yang menakutkan memakai baju gelap-gelap dan identik dengan latihannya yang keras. Sebenarnya hal tersebut tidak keseluruhan seperti itu atau negatif. Banyak sisi positif dari pencak silat-pencak silat yang ada di Indonesia. Dengan pencak silat tersebut seseorang akan lebih percaya diri dan mempunyai banyak kenalan, selain itu juga sehat jasmaninya, karena pencak silat adalah suatu olahraga tubuh yang menjadikan orang itu sehat. 

Terdapat beberapa kesamaan gerakan dari semua perguruan pencak silat yang ada di Indonesia, tidak hanya itu pencak silat di Indonesia juga mengandung unsur seni tidak hanya beladiri semata, hal tersebut yang menjadikan ciri khas dari semua perguruan pencak silat selain itu juga menjadikan suatu simbol bahwa pencak silat adalah alat untuk pemersatu bangsa. Banyak pendekar-pendekar  yang berlatar belakang suku maupun agama berbeda dapat menjadi satu keluarga dalam pencak silat. Merka mempunyai misi yaitu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Indonesia.

Sering terdapat suatu kompetisi untuk mengumpulkan dari berbagai macam perguruan pencak silat di Indonesia, yaitu IPSI cup. Memperlombakan dua jenis kompetisi yaitu atlet gelanggang atau yang disebut fighting dan yang satunya yaitu pencak seni.

Seiring banyak kompetisi-kompetisi yang dilakukan oleh IPSI, pencak silat juga merupakan faktor pemersatu bangsa dan harus kita lestarikan budaya asli kita.
"SAYA BANGGA MENJADI ORANG INDONESIA"































Tidak ada komentar:

Posting Komentar